Kekuatan Dari Kegagalan

Bang Iwan Wahyudi , tanggal 14 April 2018

Ilustrasi Kekuatan Dari Kegagalan

Dalam menjalani hidup kita pasti akan menuai salah satu dari hasil akhir ; Kegagalan ataupun Keberhasilan. Setiap kita pasti ingin selalu menuai keberhasilan dan tidak seorangpun yang meminta disapa oleh kegagalan.

Kegagalan pasti pernah kita rasakan. Kegagalan memerlukan penyikapan, tak jarang mereka yang gagal dilanda frustasi dan sulit untuk bangkit kembali. Apalagi jika Kegagalan terjadi jauh bahkan tidak pernah diprediksi dan terfikirkan sebelumnya.

Dalam kegagalan sebenarnya ada kekuatan, yang dapat menjadi pelajaran bahkan pijakan untuk kita lebih berhasil bahkan melebihi keberhasilan yang tertunda sebelumnya karena kita menuai kegagalan.

  1. Kegagalan membuat kita lebih kuat. Gagal itu bisa diibaratkan jatuh dan tentunya sakit. Mereka yang biasa tertempa dengan kegagalan akan lebih kuat menghadapi cobaan dan kegagalan berikutnya, kegagalan melahirkan orang-orang yang survive.
  2. Kegagalan membuat kita lebih mengevaluasi kondisi. Mereka yang mengalami kegagalan biasanya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh dan terperinci semua tahapan untuk menemukan dimana sisi kekurangan sehingga terjadi kegagalan. Kegagalan biasanya terjadi akibat faktor internal maupun eksternal, personal maupun organisasi serta polahubungan antar keduanya. Setelah melakukan evaluasi kita akan menemukan titik mana penyebab kegagalan sehingga bisa membuat daftar penyelesaian masalah untuk menutupi celah-celah yang menyebabkan kegagalan tersebut serta prediksi-prediksi dini sebagai antisipasi kegagalan berikutnya.
  3. Kegagalan membuat kita lebih mendekat pada Tuhan. Saat gagal dan ditimpa ujian maupun penderitaan banyak diantara kita mengadukan hal tersebut kepada Tuhan, menyadari bahwa kesombongan yang selama ini hadir dengan menganggap sepele sesuatu hal, merasa paling bisa dan pasti akan sukses, lupa melibatkan Tuhan dalam proses aktifitas. Kesadaran ini akan melahirkan kekuatan spiritual yang dahsyat, saat kita kembali dan kian dekat dengan Tuhan penentu segala takdir, tentunya IA akan memberikan pertolongan dalam proses aktifitas keberhasilan dengan cara yang tidak diduga-duga sebelumnya.
  4. Kegagalan membuat kita terpicu untuk berhasil dan anti gagal. Ketika kita sudah merasakan pahit dan sakitnya kegagalan tentunya kita akan semakin anti dan membenci kegagalan serta berupaya sedini mungkin mengantisipasi segala bentuk celah yang mengakibatkan kegagalan. Spirit tidak ingin gagal lagi, selalu menggelora serta motivasi untuk berhasil dan sukses akan lebih membara. Kegagalan akan menjadi batu loncatan untuk meloncat lebih tinggi.

Setiap bentuk kondisi apapun yang kita terima dan hadapi dalam hidup ini sebenarnya memiliki sisi positif bagi kita, namun seringkali kita menilainya dalam kacamata negatif seperti sebagian besar umumnya manusia.

Komentar