Menjaga Integritas Bangsa, Kantor Bahasa NTB Mengadakan Kegiatan Literasi

Lukman , tanggal 19 April 2018

dokumentasi kegiatan literasi kantor bahasa NTB

SUMBAWA-NTB (17/4), Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melaksanakan Pelatihan Instruktur Literasi untuk guru-guru di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dihadiri oleh 50 perwakilan Guru Bahasa Indonesia dari tingkat sekolah menengah (SMA/SMK) dan Sekolah Dasar (SD) berlangsung  di Aula SMKN 1 Sumbawa dari tanggal 16-17 April 2018.

Kegiatan literasi sebagai bagian dari program Kantor Bahasa untuk memasyarakan bahasa Indonesia dan  menjaga integritas bangsa Indonesia melalui telaah literasi. Kantor bahasa dengan visinya mencerdaskan dan memperkukuh jati diri bangsa untuk menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi motivasi utama dalam setiap program yang dicanangkan.

Kegiatan literasi tidak dipandang sebagai telaah terhadap teks semata, namun telah merambah pengertiannya lebih luas. Makna literasi sebagai keterbukaan informasi dan wawasan menjadi esensi dari literasi itu sendiri. Literasi sebagai salah satu komponen dari pendidikan abad 21 yang di dalamnya terhimpun kegiatan membaca, budaya, teknologi dan keuangan. Kegiatan literasi sebagai bagian dari gerakan nasional menjadi salah satu kewajiban dari Kantor Bahasa untuk mengembangkan dan membudayakan.

Undang-undang Dasar 1945, Pasal 32 dan pasal 36 telah menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang merdeka. Selain itu, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 mengatur  tentang bendara, bahasa, dan lambang negara. Demikian pula dengan peraturan pemerintah Nomor 57 tahun 2014 tentang pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa dan sastra serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia.

Gerakan literasi Nasional berpijak pada permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 pasal 2 yang menjelaskan bahawa budi pekerti bertujuan untuk memumbuhkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter dimulai di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kegiatan Literasi menghadirkan Narasumber yang berkompoten di bidangnya, yakni Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum. dan Drs. Songgo Siruah, M.Pd. yang sekaligus Kepala Kantor Bahasa NTB dan dipandu oleh Lukmanul Hakim, M.Pd., dosen Bahasa Indonesia Universitas Teknologi Sumbawa.

Kegiatan serupa akan terus diterus dikembangan dengan varian yang berbeda di beberapa kabupaten yang ada di NTB. […]

Komentar